Kemarin ada klien punya toko online mengeluh ke saya,

“Mas, saya punya toko online sudah beberapa bulan, tapi kok ga ada yang beli ya?” 

Tidak sedikit yang berpikir bahwa dengan punya toko online, pelanggan akan datang dengan sendirinya, namun hal ini tidaklah cukup. Akhirnya muncullah jawaban saya, eh, pertanyaan saya kepada klien tersebut, “Apa sudah dipromosikan toko online-nya?”

Ya, promosi, tapi sebelum promosi ada baiknya kita cek kembali toko online kita. Apa sudah rapi? Gambarnya apa sudah bagus dan jelas? Barang yang kita jual banyak yang butuh ga? Apa harga sudah pas?

Katakanlah semuanya sudah OK, gambar sudah rapi ga kepotong, barang juga udah OK jualan fashion yang selalu update, harga juga udah murah banget. Berarti sekarang saatnya kita promosi.

Pertama, cek toko online kita, lagi!! Pastikan pilihan template dan warna background sesuai dengan target calon pembeli. Kalau kita men-target cewek muda belia, pilih template yang casual, misalnya dengan nuansa pink, kalau target kita penggemar otomotif, ya pilih template dengan nuansa mature, tambahkan juga gambar-gambar otomotif dan sertakan artikel seputar otomotif. 

Kedua, kalo itu semua sudah OK, mari kita lanjut ke promosi. Berikut beberapa ide yang bisa dicoba :

1. Gunakan social media: Social media ini sangat efektif lho untuk promosi toko online. But remember, it takes both effort and time to build followers. Luangkan waktu untuk aktif di social media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, YouTube, Google+, LinkedIn, Tumblr. 

2. Highlight produk kita di social media: Selalu sertakan link yang langsung mengarah ke produk di toko online kita. Ini tujuannya agar calon pembeli bisa melihat langsung produk yang kita tawarkan. So, ini juga kesempatan kita kalau mau kasih diskon atau promo untuk produk tersebut. 


vKios yang mempromosikan artikelnya melalui Twitter

3. Gunakan iklan berbayar di social media: Facebook dan Twitter menawarkan layanan ini pada kita, kalau ada budget lebih, ada baiknya dimanfaatkan. 

4. Sering berkomentar di forum/grup: Cari forum/grup yang sesuai minat atau kesukaan kita. Di sini kita bisa jadikan signature sebagai media iklan, isi dengan URL toko online kita. Nah, setiap kali kita jawab pertanyaan atau posting, member forum dapat melihat signature tersebut. 

5. Jadikan kendaraan kita sebagai media iklan: Punya motor atau mobil kan? Ini media bagus lho untuk pasang iklan, apa lagi ga perlu bayar sewa. Kalu mobil, coba bikin sticker branding untuk toko online kita, lalu cetak dan tempel di kaca belakang mobil hehe

Thats it, sementara 5 dulu yang mudah dicoba. Kita hanya butuh luangkan waktu, effort dan kreativitas untuk menjalaninya. 

Semoga menginspirasi 🙂

 

Credit to :
scottsmarketplace.com, forbes.com

Image Credit :
candcsigns.com@vKios.com

8 Replies to “5 Cara Promosi, Cuma Berbekal Kreativitas dan Waktu”

  1. Saya point nomor lima tuh gan yang belum saya punya, 4 poin sudah jalan.. sepertinya sayang deh kendaraan saya harus dijadikan bahan iklan 😀
    tapi ntr mungkin harus dicoba, jika memang itu dapat meningkatkan bisnis saya. Makasih gan tipsnya!

    1. Benar, memang sering kali merasa begitu 😀
      Tapi kalau desain sticker branding-nya keren, mobil kan jadi lebih keren juga, Gan 🙂
      Lebih keren, sekaligus promosiin bisnis kita 😉

  2. saya mau numpang tanya nih hehe.
    saya punya bisnis jahe merah, tapi kebanyakan saya bermainnya di offline dan memanfaat relasi yang saya punya. Ada tips enggak buat saya bisa promosi di online ? Makasih infonya 🙂

    1. Halo Arya, (^ _ ^)/ ~☆・゚+。*゚・.+
      Promo ke relasi memang sangat ampuh, namun biasanya tidak cukup. Bapak bisa mencoba promo melalui media berikut:
      – Media sosial
      – Memiliki toko online sendiri
      – Memiliki point penjualan di Marketplace
      – Beriklan di layanan iklan berbayar seperti Facebook Ads atau Google AdWord
      Semoga membantu 🙂

    1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah bertanya “Kenapa Kok Gagal?”
      Artinya Anda harus melakukan evaluasi letak kegagalan, mulai dari:
      – toko online, apakah sudah bagus dan menarik
      – target promosi, apa sudah tepat
      – judul dan isi iklan, apa menarik dan menimbulkan penasaran.
      – media iklan
      Selain itu ada beberapa alasan teknis yang umum. Berikut kami beri artikel (bhs inggris) Mungkin bisa dibaca dan semoga membantu:
      – Common reason most PPC campaign fail, klik di sini
      – How to Improve the Quality, klik di sini
      Semoga membantu 🙂

  3. Kira2 untuk bisnis jualan pulsa dipromosikan lewat iklan facebook apakah perlu atau hanya website saja sudah cukup. Terus budget iklannya perhari berapa ya? soalnya gak pernah hehe 😀

    1. Halo Badrul,
      Tidak ada salahnya untuk di coba. Saya kutip dari Moz.com, iklan di Facebook termasuk yang paling rendah, mulai $ 0.25 (sekitar 3ribu rupiah) bisa menjangkau 1000 orang.
      Namun, hal ini harus diimbangi dengan strategi dan pemahaman yang baik mengenai bisnis kita, target market dan Facebook Ads itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *