Bingung, ingin tampil dengan ranking bagus di Google, tapi tidak tahu mau mulai dari mana. Simak tips sederhana berikut untuk mengoptimalkan ranking toko online kita di Google.

SEO is not all about keyword and backlink.

1. Mintalah customer kita untuk memberikan komentar di produk kita.
Review adalah elemen penting pada toko online. Selain meningkatkan kepercayaan calon pembeli, review juga dapat meningkatkan ranking kita di Google, karena review kaya akan konten yang original dan fresh. Simak hasil statistik berikut :

  • 63% pengunjung lebih memilih untuk membeli di website yang ada review-nya (iPerceptions, 2011)
  • Review akan meningkatkan penjualan produk hingga 18% (Reevoo, 2013)
  • 61% calon pembeli akan membaca review terlebih dahulu sebelum membeli (Econsultancy, 2012)

2. Tambahkan variasi gambar produk, bila perlu tambahkan video di deskripsi produk.
Deskripsi dan gambar produk adalah 2 hal sangat penting untuk toko online, sangat disarankan gambar produk yang digunakan adalah original alias hasil jepretan sendiri. Selain itu variasi jumlah gambar pada satu produk selain meningkatkan ranking di Google, juga dapat memberikan user experience yang luar biasa bagi calon pembeli.

3. Gunakan bahasa deskriptif dan original pada deskripsi produk.
Fungsi utama halaman produk adalah meyakinkan calon pembeli dengan memberikan informasi detail tentang produk yang dijual. Pastikan calon pembeli mendapatkan informasi produk berupa:

  • Kalimat deskriptif
  • Spesifikasi produk
  • Kelebihan produk

Karena deskripsi produk ini berupa konten, maka sangat penting untuk memastikan bahwa deskripsi tersebut kaya akan informasi. Kesalahan yang sering terjadi pada banyak toko online adalah bahasa yang digunakan kurang deskriptif, malah banyak yang hanya copy paste dari website lain yang sangat tidak dianjurkan untuk optimasi SEO.

4. Daftarkan toko online kita di Google My Business.
Google-my-businessGoogle My Business atau Google Bisnisku adalah layanan gratis dari Google yang bisa kita manfaatkan. Jadi pastikan toko online kita tertera di Google, Map, Search dan juga Google+. Hal ini akan mempermudah pihak Google dalam perankingan toko online kita. Untuk cara daftar ke Google Bisnisku, ikuti panduan video di sini.

5. Pastikan kontak (nama, alamat, no telp) konsisten di mana pun.
Konsistensi data kontak juga merupakan hal penting. Selain untuk memberikan kepercayaan pada calon pembeli, konsistensi data ini juga digunakan oleh Google untuk mengenali toko online kita sebagai Local Business. Jadi periksa kembali bahwa kontak-kontak yang ada cantumkan di toko online, Social media, Google Bisnisku adalah sama.

6. Jangan  lupakan optimasi dasar.
Berikut optimasi SEO dasar yang tetap harus kita lakukan:

  • Gunakan gambar dengan kualitas yang optimal
  • Pastikan halaman toko online tidak terlalu berat
  • Manfaatkan Google Webmaster Tool dan Google Analytics
  • Gunakan tampilan atau template Mobile-Friendly

Langkah-langkah diatas, selain membantu untuk mengoptimalkan ranking toko online kita,  juga meningkatkan user experience yang diperoleh oleh calon pembeli yang secara otomatis juga akan meningkatkan kepercayaan calon pembeli pada toko online kita. Namun tetap ingat, promosi atau marketing juga harus selalu dioptimalkan, karena hal tersebut adalah nyawa bagi startup atau bahkan perusahaan besar sekalipun.

Sumber : entrepreneur.com panduanim.com
image credit: community.nasdaq.com, seo-plus.co.uk

34 Replies to “6 Cara agar toko online stand out di Google”

    1. Benar sekali 🙂
      Top di Google dapat mendatangkan traffic ke toko online. Menjadi Top artinya mendapat lebih banyak klik yang artinya juga lebih banyak penjualan.
      Namun, menjadi Top di Google bukan satu-satunya cara untuk mendatangkan traffic.
      Masih ada cara lain, seperti:
      – Online advertising
      – Guest blogging
      – Blog commenting
      – Social media
      Namun, jangan lupa traffic ini harus targeted maksudnya yang klik dan membuka toko online kita haruslah yang benar-benar ingin mencari dan membeli produk yang kita jual.
      Semoga bermanfaat 🙂

    1. Sekarang banyak penyedia jasa pembuatan toko online instan seperti *ehem* vKios.com. Jadi mas hanya perlu fokus ke mengisi website seperti input produk. Sementara untuk Desain Template sudah disediakan.
      Nantinya, jika bisnis sudah mapan, bisa mencoba membuat website sendiri secara custom. Kalau untuk lokasi toko secara fisik bisa diarahkan ke rumah nanti di Google Map-nya.

  1. iya nich…q baru rintis toko online nich…tpi ya itu belum optimal..gt…mt saran dan bantuannya dong

    1. Halo, Ibu Aura 🙂
      Hal pertama yang harus dilakukan adalah pastikan tampilan toko online mulai dari halaman depan, halaman produk dan deskripsinya menarik, rapi, detail sehingga membuat pengunjung betah lama di toko online Ibu Aura.
      Selanjutnya lakukan optimasi sederhana seperti yang dibahas di post ini. Ibu Aura juga bisa mulai secara intens promosi, mulai dari relasi dekat, lewat social media maupun iklan berbayar.
      Sempurnakan lagi dengan optimasi SEO yang cukup kompleks. Ada banyak tutorial optimasi SEO di internet, namun kalau masih kesulitan bisa menyewa jasa SEO.
      Oh iya, terakhir berikan calon pembeli media untuk kontak dengan admin toko online-nya, bisa melalui HP, BBM atau WA. Bisa juga dengan memanfaatkan Live Chat yang langsung bisa digunakan calon pembeli saat berkunjung ke toko online seperti Live Chat di http://www.vKios.com 😀
      Semoga membantu 🙂
      Salam vKios.com

  2. Saya masih bingung untuk SEO nya mas.. apakah sama seo untuk web biasa dengan seo toko online, soalnya pendapat yang saya dapat berbeda-beda.

    1. SEO Toko Online sedikit berbeda dengan SEO blog atau website informasi biasa yg kaya akan konten.
      Toko online lebih fokus pada menampilkan produk tanpa banyak menampilkan konten lain.
      Jadi SEO nya juga harus fokus pada produk seperti:
      – Review pembeli
      – Deskripsi produk yg lengkap, jelas dan mengandung keyword
      – Keyword lebih bermaksud komersial, contoh: Jual HP Murah Samsung Galaxy S7
      – Dan yang pasti, tampilan toko online harus dan harus menarik, rapi dan membuat calon pembeli betah membuka halaman-halaman di toko online kita.
      Semoga membantu 🙂

  3. Thanks untuk admin atas tipsnya, sangat bermanfaat tentunya. Kayaknya review atau testimoni pengaruhnya memang benar2 besar untuk jadi sales soalnya hampir setiap toko online saat ini ada kolom review atau testimoninya.

    1. Terima kasih atas apresiasinya, Bapak Alvi 🙂
      Benar sekali review dari pengunjung apalagi yang sudah pernah beli sangat bermanfaat. Selain sebagai komunitas, review ini juga selalu jadi pertimbangan bagi calon membeli sebelum mengambil keputusan.

  4. Thanks untuk admin atas tipsnya, sangat bermanfaat tentunya. Kayaknya review atau testimoni pengaruhnya memang benar2 besar untuk jadi sales soalnya hampir setiap toko online saat ini ada kolom review atau testimoninya.
    semoga distributor sandal jadi lancar

    1. Terima kasih kak @elmajdi sudah mampir ke blog kami 🙂
      Memang benar, salah satu kebiasaan pembeli adalah membaca testimoni, review atau komentar. Apalagi jika pembeli tersebut baru pertama kali, tentunya perlu keyakinan apakah produk yang dibeli benar dan toko online dapat dipercaya.
      semoga sukses selalu 🙂
      vKios.com

    1. Coba gunakan media sosial. Meskipun tidak secara langsung memberikan ranking. Brand awareness dan engagenmnt rate dari social media sering memberikan organic traffic yang lebih baik dibandingkan backlink pada umumnya.
      Namun pastikan dulu kualitas kontan dan kualitas share kita menarik. Karena konten viral, dimana pun itu, selalu diawali dengan kualitas yang baik.

  5. Terima Kasih artikelnya
    Hal ini saya buat untuk menjadi dasar dari website yang saya buat. Ternyata benar sekali. Web saya selalu ada di mesin pencari google. Kapan anda melakukan seminar? tentunya kami sangat haus dengan ilmu anda master. Sudah sangat terbukti semua artikel anda itu benar

    1. Salam, 🙂
      Bisa jadi surat yang dikirimkan salah alamat alias nyasar. Jadi harus dipastikan saat mendaftar bahwa alamat yang kita tuliskan sudah benar.
      Selain itu, bisa jadi dari Google menggunakan metode verifikasi lain selain kirim surat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *