Suatu ketika, saya ingin membeli sebuah smartphone baru. Rencananya mau ke mall terdekat di Surabaya, tapi, ah, sudahlah beli di toko online saja, gak perlu jauh-jauh ke mall, bahkan ga perlu keluar rumah. 

Jadilah saya buka www.toko-online-pertama.com, saya pun menelusuri isi toko online sekalian mencari smartphone bagus yang mau dibeli. 

Semakin lama menelusuri toko online semakin terbentuklah keraguan di benak saya, dan timbul lah pertanyaan “Apa kalau saya beli, pasti dikirim? Apa lagi saat itu ada kasus beli iPhone dapatnya popok“. Ditambah lagi tampilan toko online yang kurang rapi dan tidak meyakinkan bahwa toko online tersebut dapat dipercaya. 

Ada sebuah garis besar di sini, “Membangun Kepercayaan“, mungkin ini adalah salah satu hal tersulit yang harus kita hadapi jika memiliki toko online. Namun, di saat yang bersamaan, kita juga akan membangun brand kita di mata pembeli. 

Coba simak tips berikut, bisa dicoba untuk membangun kepercayaan calon pembeli Anda. 

1. Aktif berpromosi.

Kebanyakan calon pembeli toko online akan ragu untuk membeli dari toko online yang tidak pernah mereka dengar namanya. Dari titik ini, kita dapat mulai membangun kepercayaan dari dasar melalui promosi.

Desainlah metode promosi yang unik serta berikan kesan pertama yang, wah, kepada calon pembeli. Dengan ini mereka akan penasaran dan tertarik untuk mengunjungi toko onllina kita. Berikut beberapa check list yang bisa kita coba untuk memberikan kesan pertama yang, wah ini. 

  1. Pilih nama domain yang keren dan sesuai brand kita. Kenapa? coba cek nama domain lazada.co.id, tokopedia.com, bukalapak.com, traveloka.com, blibli.com atau bro.do, hampir semuanya situs besar menggunakan nama brand unik mereka sebagai nama domain. So, buatlah brand kita dan jadikan sebagai nama domain. 
  2. Sertakan nomor kontak yang dapat dihubungi. 
  3. Informasikan metode pembayaran yang tersedia. 
  4. Sebutkan jumlah customer yang sudah kita layani
  5. Tambahkan label verifikasi atau trusted site seperti yang dari www.polisionline.com.
  6. Kalau reseller dari suatu brand, tambahkan logo verified reseller dari brand yang bekerja sama dengan kita.
  7. Kalau sudah punya publikasi di media, bisa disertakan juga.

2. Optimalkan tampilan toko online.

Its Amazing, ketika ada calon pembeli yang tertarik dengan iklan atau promosi kita. Namun, jangan puas dulu, justru ini-lah klimaksnya.

Ketika calon pembeli mengunjungi toko online kita, harus dipastikan bahwa mereka tidak kecewa dan pergi karena tampilan toko online yang kurang menarik atau bahkan meragukan. Perhatikan hal berikut :

  1. Gambar. Gunakan gambar dengan kualitas baik, tidak buram. Untuk gambar produk, pastikan terlihat jelas, tersusun rapi dengan ukuran yang selaras, tidak naik turun seperti gunung. 
  2. Kontak. Pastikan nomor kontak tersedian dan dapat dilihat dengan jelas. Manfaatkan fasilitas messenger seperti Yahoo Messenger, Line, WhatsApp, BBM atau Live Chat. 
  3. Testimonial dan Review. Undanglah pembeli yang sudah puas menggunakan layanan kita untuk memberikan sedikit kesan atau testimoni toko online kita. Tentunya testimonial ini adalah salah satu hal yang paling sering dibaca oleh calon klien. Usahakan testimonial se-natural mungkin dan tidak terkesan dibuat-buat. 
  4. Tentang kami. A brief story can tell us everything, sertakan informasi tentang toko online kita, seperti kapan berdiri, bidang usaha yang di jalani serta sedikit gambaran visi dan misi toko online kita. 
  5. Luangkan waktu untuk menulis berita atau blog di toko online kita. Tujuannya untuk sedikit mengedukasi calon pembeli dan pembeli tentang produk kita.
  6. Berikan bukti. Kita bisa memajang nomor resi pengiriman yang up to date di toko online kita, sekaligus memberikan bukti bahwa pembelian mereka banar-benar kita kirim sesuai alamat pembeli. 
  7. Jangan lupa sertakan label verifikasi atau verified reseller (jika kita reseller resmi dari suatu brand).

Ok, 2 hal di atas mungkin bisa dicoba dulu. Selain itu, ada beberapa hal lain yang harus kita perhatikan untuk membangun kepercayaan seperti : pelayanan yang ramah dan memuaskan, perhatikan kualitas produk dan satu lagi yaitu kejujuran.

Kejujuran juga merupakan modal penting dalam membangun kepercayaan dan nama brand, kita harus menjadi toko online dan brand yang terbuka pada pembeli maupun calon pembeli baik dari segi kualitas, pengiriman, produksi dan lain sebagainya.

Jadi ketika pembeli ataupun calon pembeli sudah memahami brand kita, maka akan lebih mudah dalam membangun kepercayaan.

Semoga menginspirasi 🙂

 

Image credit : gratisography

2 Replies to “Bangun brand dan kepercayaan dari 2 metode dasar ini”

  1. Memang dalam berbisnis perlu transparansi apalagi yang namanya bukti pengiriman dll, untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat pada toko online kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *