"2 + 1 Tips – Mencegah Email Penting Masuk Spam Gmail"

2 + 1 Tips – Mencegah Email Penting Masuk Spam Gmail

Sering kali kita mendapati email-email yang kita terima tidak ada di inbox, namun saat dicari “eh ternyata, masuk spam“. Padahal email tersebut biasa saja dan mungkin cukup penting bagi kita.

Gmail memiliki fitur Spam Filter yang secara otomatis mengklasifikasikan email yang diterima sebagai spam atau bukan. Fitur ini sangat penting untuk melindungi kita dari email-email yang mungkin berbahaya atau merugikan. Namun tentunya, fitur ini tidak sempurna. Email-email yang nampak biasa saja atau penting malah masuk spam.

Jika sering terjadi, email-email penting mungkin akan sering terlewat dengan alasan “masuk spam”.

Berikut 2 tips sederhana yang dapat membantu agar email-email penting tidak masuk spam:

1. Tambahkan Pengirim ke Kontak
Hal ini dimaksudkan untuk memberi tahu kepada Gmail bahwa pengirim tersebut adalah relasi dan kita ingin menerima email dari mereka.

Caranya cukup mudah.

  1. Klik pada ikon profil pengirim
  2. Pada kotak yang terbuka, klik pada ikon Add to contacts

 

2. Tandai “Not spam” jika email terlanjur sudah masuk ke spam
Tips kedua ini dapat kita lakukan jika email tersebut sudah masuk ke spam Gmail. Caranya cukup buka email-nya, lalu klik tombol “Not spam” pada bagian atasnya.

Setelah memberikan tanda “Not spam”, ikuti juga tips pertama dengan menambahkan pengirim ke kontak Gmail, agar nantinya email dari pengirim tersebut selanjutnya masuk ke inbox.

Mudah bukan? Kedua tips di atas kemungkinan besar akan mengatasi masalah kita agar email-email penting tetap masuk inbox dan bukan ke spam.

But, sometimes that’s not enough. Masih ada saja email-email masuk spam meski sudah melakukan 2 langkah di atas.

Cara terakhir yang bisa kita gunakan adalah dengan membuat “Email Filter” di Gmail. Cara ini sedikit rumit, namun masih sangat mudah.

Untuk membuat Email Filter di Gmail, silakan mengikuti langak berikut:

  1. Klik ikon GEAR di pojok kanan atas lalu klik SEE ALL SETTINGS.
  2. Arahkan pada tab FILTER AND BLOCKED ADDRESS lalu klik CREATE NEW FILTER.
  3. Di kotak bagian FROM, bisa diisi dengan email pengirim atau bisa juga dengan mengisi kolom SUBJECT untuk memfilter. berdasarkan subject email. Apa yang kita isikan pada bagian-bagian ini akan menjadi referensi bagi Gmail bilamana email yang masuk cocok dengan kriteria filter, maka akan masuk ke Inbox.
  4. Klik tombol CREATE FILTER.
  5. Selanjutnya berikan tanda check pada NEVER SEND IT TO SPAM dan ALSO APPLY FILTER TO MATCHING MESSAGES.
  6. Terakhir, klik tombol CREATE FILTER di bawah.

Misalnya jika kotak FROM diisi dengan “noreply@demo.vKios.com”, maka nantinya email-email dari pengirim tersebut akan selalu masuk inbox karena sesuai dengan filter yang dibuat. Contoh lagi, jika bagian SUBJECT diisi dengan “Tagihan Kartu Kredit”, maka semua email yang subject-nya mengandung kalimat tersebut, akan selalu berada di inbox.

Selamat mencoba 🙂

Sumber: Gmail Help