5 Metode Layanan Pelanggan yang Memuaskan Customer

5 Metode Layanan Pelanggan yang Memuaskan Customer

Dalam dunia bisnis, pelanggan memang bak seorang raja atau ratu. Mereka yang memberikan keputusan, mau membeli atau tidak pada produk atau jasa yang kita tawarkan.

Tentunya kita sebagai pebisnis harus bisa memberikan kepuasan dan layanan terbaik kepada raja dan ratu tersebut. Tentunya dengan maksud agar mereka membeli produk atau jasa dan terus loyal kepada kita.

Dikutip dari movinghelp4hire.com, berikut ini  5 metode yang bisa dijadikan panduan untuk memberikan layanan terbaik pada customer

Bangun relasi secara personal
Setiap kali customer menghubungi, usahakan untuk membangun relasi secara personal. Masing-masing customer memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda-beda. Pahami semuanya dan bicarakan secara pribadi dengan customer apa saja yang mereka butuhkan.

Mintalah feedback
Pahamilah kebutuhan tiap calon customer maupun yang sudah menjadi customer kita. Pastikan produk kita sesuai dan memenuhi kebutuhan mereka dengan baik. Jangan ragu untuk meminta masukan atau feedback atas produk yang mereka gunakan. Hal ini akan menjadikan produk kita semakin berkembang sesuai kebutuhan customer.

Berikan respon dengan cepat
Di zaman media sosial saat ini, sangat penting untuk update informasi-informasi terbaru berkaitan dengan produk atau jasa yang kita jual. Pastikan untuk terus memberikan perhatian pada customer akan kebutuhan dan permasalahan mereka. Respon dengan cepat untuk setiap pertanyaan dan permasalahan untuk menciptakan customer loyalty.

Sabar
Customer pasti mencari bantuan ketika menemui kesulitan atau masalah yang tidak dapat diselesaikan sendiri, bahkan kadang disertai rasa marah atau frustrasi. Ini hal yang wajar, bantulah mereka dengan sabar, ibaratkan hal yang mereka alami terjadi pada kita.

Gunakan bahasa yang positif
Saat dihadapkan dengan pertanyaan customer, pastikan menggunakan bahasa yang positif, hindari menggunakan kata “tidak bisa”. Misalnya, ketika customer menginginkan barang mereka selesai dalam 2 hari, daripada mengatakan “kami tidak bisa”, lebih baik dengan mengucapkan “kami akan siapkan dalam 2 hari, izinkan kami melakukan pemesanan sekarang agar barang dapat segera Anda terima”.

 

Image source: Image by annca from Pixabay

Leave a Reply